Mengajarkan Anak-Anak Menabung

Mengajarkan Anak-Anak Menabung Pada Usia Dini.

By. Hadi S Widjaja

 

Sangat luar biasa di masa-masa ini melumpuhkan keadaan ekonomi, pasar investasi bermasalah dan real estat gejolak.. dan yang lebih tidak menguntungkan bahwa anak-anak tidak mendapat pendidikan wajib dalam pengelolaan uang di sekolah.

Namun, hingga saat itu berubah,… para Ayah dan Ibu, semua itu terserah Anda….

Kebanyakan ahli setuju bahwa anak-anak perlu untuk mendapatkan pelatihan keuangan, yang lebih baik. Jika Anda sudah merencanakan masa depan keuangan keluarga dengan seorang ahli seperti FINANCIAL PLANNER ™ profesional, mereka mungkin menyarankan Anda tentang cara-cara untuk mengajar anak-anak Anda tentang uang juga.

 
Berikut adalah beberapa langkah awal:
Tentukan uang saku yang tepat.

Pada awal taman kanak-kanak, anak Anda akan harus mulai belajar untuk membayar beberapa hal. Cobalah untuk membuat sebuah budget pengeluaran yang dibutuhkan dengan anak. – dengan cara itu, mereka belajar bahwa pengeluaran mereka bukannya tidak terbatas. Memutuskan apakah dia perlu untuk mendapatkan jumlah tambahan untuk mainan dan permen. contohnya – tekankan mengapa bekerja untuk memenuhi keinginan mereka itu penting. Ketika anak-anak masih muda, Anda harus sering mengawasi bagaimana mereka menangani kas mereka – periksalah setiap hari – kemudian dapat memberi keleluasaan seiring dengan bertambahnya usia mereka.
Pertimbangkan perilaku Anda sendiri.

Apakah Anda mengendarai mobil yang lebih besar daripada kemampuan Anda? Setiap kali Anda pergi ke toko, apakah Anda mengeluarkan kartu kredit untuk membayar? Apakah Anda dan pasangan Anda bertengkar secara terbuka tentang uang di rumah? Anak Anda mendengar semua ini…! Anak-anak belajar semua pelajaran penting dengan mendapatkan contoh dari anda – Anda tidak harus sempurna, pikirkan tentang perilaku uang Anda yang anda tunjukan di depan anak-anak, dan berusaha membuat mereka positif.
Beli celengan.

Anak muda perlu mencoba ini dan mengerti benar tentang tabungan. Mereka perlu tahu ada tempat untuk meletakkan uang receh mereka dan untuk tidak menghabiskannya, dan mereka harus menabung untuk mencapai tujuan yang sudah anda bahas dengan anak anda. Ini bukan tentang membeli barang. Ini tentang membuat goal dalam hidup mereka…!
Jangan lewatkan kesempatan untuk pembelajaran.

Perhatikan perilaku anak Anda – lihat apa yang ingin dia beli. Tanyakan kepadanya bagaimana ia berencana untuk membayar keinginannya. Ini adalah jendela Anda, untuk apakah “pesan” anda atas pelajaran tentang uang, mereka dapatkan. kata “Aku ingin” dan “Aku perlu” selalu merupakan peluang bagi Anda untuk mengajar. Beberapa masalah uang cukup serius dapat keluar dari mulut anak-anak anda. Dengarkan mereka…! Juga, ajarkan anak-anak Anda untuk membuat “daftar keinginan” untuk pengeluaran mereka sepanjang tahun – ini bukan hanya pelajaran dalam menunda kepuasan tetapi memprioritaskan kebutuhan dan keinginan.
Minta mereka membuka rekening tabungan.

Jika ada rekening kecil anda, lakukan hal kuno.. pergi dengan anak Anda untuk membukanya. Pastikan dia untuk menyimpan buku tabungan atau laporan bulanan di tempat yang aman, dan pastikan dan biasakan dia menabungkan uangnya setidaknya sekali sebulan. Anda mungkin juga mempertimbangkan asuransi ditujukan terhadap anak-anak. Asuransi yang baik yang memiliki nilai pendidikan yang besar.
Tangani masalah kesalahan akan uang dengan hati-hati.

Seorang anak akan melakukan kesalahan dengan uang – kadang mereka akan kehilangan itu, membelanjakannya untuk hal-hal yang salah atau mungkin memberikannya ke orang lain pada saat yang salah. Itu biasanya ide yang bagus untuk menanyakan kepada anak, apakah itu hak mereka untuk menggunakan dana tersebut dan apa yang akan mereka lakukan pada waktu berikutnya.
Diskusikan amal. Hal ini mungkin merupakan masalah budaya dalam keluarga, tetapi semakin meningkatnya anak-anak terlibat dalam kegiatan amal dalam masyarakat merupakani bagian dari proses pembelajaran mereka – bahkan bagaimana untuk bisa ke perguruan tinggi. Mengajar anak-anak Anda untuk menyisihkan apa yang mereka miliki untuk mereka yang kekurangan. Ini dapat menjadi pelajaran pertama yang baik, dan seharusnya menjadi pelajaran seumur hidup untuk berbagi dengan orang lain.
Menyesuaikan percakapan dengan bertambahnya usia mereka.

Sebagai anak-anak menjadi remaja, mereka menginginkan lebih banyak otonomi dengan pengeluaran mereka. Anda harus meningkatkan kepercayaan dengan akuntabilitas. Jika Anda menitipkan uang di rekening mereka untuk membeli kebutuhan pokok dan kebutuhan mereka pribadi, berbicara tentang apa tambahan pengeluaran yang Anda bersedia untuk bayar dan buat perjanjian yang ketat. Anak-anak akan selalu datang kepada Anda dengan tangan mereka, tetapi mereka perlu tahu kapan anda akan berkata “tidak.”
Terbuka tentang investasi Anda.

Anak-anak seperti spons. Mereka tahu jika orangtua mereka memiliki investasi hanya dengan mengamati apa yang ada di pos. Mulai berbicara tentang mengapa Anda membeli saham, asuransi, obligasi atau reksa dana untuk membantu membiayai pendidikan mereka. Jika anak Anda meminta Anda untuk membeli buku atau berlangganan majalah atau koran sehingga dia bisa belajar lebih banyak, jangan berpikir dua kali – lakukan saja.
Bicara tentang awal kuliah.

 Bahkan jika Anda berencana untuk membayar seluruh biaya kuliah anak-anak, Anda perlu berbicara tentang investasi keuangan mewakili perguruan tinggi jauh hari sebelum mereka pergi. Anda juga dapat berbicara tentang apakah anak Anda akan harus membayar biaya mereka sendiri dan bagaimana dia akan memperoleh biaya-biaya tersebut. Investasi besar pada saat di perguruan tinggi memberikan kesempatan besar untuk membahas harga yang harus dibayar dalam hidup.

Akhir kata semoga bahan ini bermanfaat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Financial & Wealth Protection

%d bloggers like this: